Minggu, 01 Januari 2012

PENGENALAN JURUSAN TEKNIK KIMIA TEKNIK KIMIA


Apa yang dimaksud dengan teknik kimia?
Teknik kimia adalah cabang teknik yang memproses bahan-bahan, sehingga mengalami perubahan tingkat wujud, kandungan energi, atau komposisi. Selain itu, teknik kimia juga merupakan cabang teknik yang mengubah atau memisahkan bahan-bahan menjadi produk yang bermanfaat. Sehingga dapat disimpulkan, teknik kimia adalah bidang teknik yang mempelajari pengubahan bahan-bahan menjadi produk yang bermanfaat dan secara ekonomis menguntungkan.

Teknik kimia itu berhubungan dengan apa saja sih?
Tekim berhubungan dengan desain, konstruksi, dan operasi mesin dan peralatan untuk membuat suatu produk, seperti obat, plastik, dan karet sintesis dengan menggunakan reaksi kimia untuk produksi berskala besar. Karena berhubungan dengan hal-hal tersebut, maka ahli tekim harus memahami kimia dan teknik mesin.

Jadi, apa yang dipelajari dalam teknik kimia?
Disini kamu akan belajar tentang berbagai hal yang berhubungan dengan konveksi bahan menjadi produk, mulai dari kondisi operasi yang sesuai, alat-alat pendukung, operasi-operasi yang tepat, reaksi kimia untuk menghasilkan konversi produk itu, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga akan mempelajari listrik, bahan konstruksi, dan kerja mesin sebagai pengetahuan pendukung.

Apa sih prinsip dasar dalam teknik kimia?
Prisip fundamental tekim yang terangkum dalam chemical engineering tools, merupakan cara berpikir dalam tekim yang mencakup neraca masa, neraca panas, kesetimbangan, proses-proses kecepatan, ekonomi, dan humanitas.

Apa manfaat tekim secara umum?
Secara umum tekim dapat digunakan untuk perancangan pabrik kimia secara cepat dengan pemahaman dan analisis dari kemampuan-kemampuan, seperti neraca massa dan neraca panas, termodinamika, operasi-operasi pemisahan bahan, proses-proses industri secara umum, kinetika dan reaktor kimia, perpindahan panas, pengendalian proses, perancangan alat, dan sebagainya.

Apa yang diolah di dalam pabrik kimia?
Dalam suatu pabrik kimia, inputnya adalah bahan baku yang disiapkan pada unit feed preparation. Sedangkan, yang digunakan untuk tempat berlangsungnya reaksi kimia adalah reaktor dengan suhu tertentu dan dengan memperhatikan kesetimbangan reaksinya.

Terus, gimana proses yang terjadi dalam reaktor tersebut?
Di dalam reaktor terjadi proses konveksi yang disebut sintesis bahan. Proses yang terjadi, yaitu konversi, pemisahan (pemurnian), sampai penyimpanan dan pengepakan (packing) untuk dijual kepada konsumen. Secara umum proses tersebut terjadi di semua pabrik kimia. Untuk mendapatkan produk yang banyak, maka harus memperhatikan suhu reaktor, kesetimbangan dan jenis reaksinya (eksotermis dan endodermis), sehingga akan didapatkan produk yang optimum.


Apa sih yang didapat dari proses tersebut?
Hasil dari pabrik kimia tersebut bermacam-macam, mulai dari semen, obat, plastik, dan lain-lain.

Output tersebut digunakan untuk apa?
Secara umum tekim digunaan untuk merancang alat atau proses yang lebih efektif dan ekonomis, sehingga dapat meningkatakan keuntungan suatu pabrik. Sebenarnya hasil dari aplikasi tekim sangat beragam.

Jadi, secara umum apa yang dihasilakan tekkim?
Secara umum tekkim menghasilkan proses industri dan desain alat yang berguna pada pabrik.

Apa yang harus dapat dilakukan sebagai seorang ahli tekkim?
Sebagai lulusan tekkim kamu harus dapat menganalisis kelayakan operasi suatu pabrik, dan dapat mengendalikan jalannya pabrik. Kamu juga harus dapat mencari ide proses yang lebih ekonomis sekaligus merancang alatanya, sehingga dapat meningkatkan keuntungan pabrik kimia tersebut.

Penelitian-penelitian apa yang bisa dipelajari di tekkim?

Penelitian Eksploratif. Penelitian ini bersifat coba-coba dan bisanya dilakukan untuk menganti komponen lama dengan komponen baru pada suatu proses atau unit operasi, misalnya mengganti pelarut (solvent) untuk ektraksi, mengganti katalis, dan lain-lain. Dalam penelitian ini data-data pendukung yang tepat sangat membantu keberhasilan penelitian.

Penelitian Fundamental. Ini adalah jenis penelitian yang sanagt disarankan untuk mahasiswa strata-1. Hasil penelitian ini berkaitan erat dengan tekkim sebagai ilmu, diantaranya mencari koefisien transfer panas suatu emulsi, mencari koefisien transfer massa suatu larutan, mencari permodelan peristiwa kritalisasi. Selain itu, penelitian ini lebih mudah karena media penelitiannya sudah tertentu.

Penelitian Proses. Ini merupakan jenis penelitian yang sulit karena mencari bagaimana proses yang lebih baik, sehingga dapat menurunkan biaya produksi, meningkatkan kualitas hasil, dan sebagainya.

Apa saja bidang lain yang bisa dijadiin objek penelitian dalam teknik kimia?
Polimer. Polimer adalah senyawa kimia karbon berantai panjang. Misalnya, pembuatan plastik biodegradable yang ramah lingkungan, sintesis polimer, pendaurulangan polimer, dan sebagainya.

Minyak Bumi. Ditekkim kamu juga aan mempelajari minyak bumi, walaupun tidak mendalam. Penelitian yang bisa dilakukan, misalnya pembuatan aspal epure dari ekstrasi aspal buton, pembuatan biodisiel, pirolisis batu bara, dan sebagainya.

Bahan Makanan. Aplikasi unit operasi dan unit proses juga dapat diterapkan pada pengolahan makanan. Penelitian yang ditujukan untuk membantu industri pangan menyediakan bahan pangan yang aman, ekonomis, lezat, dan bergizi.

Keramik. Penelitian tentang keramik merupakan bagian penelitian material engineering untuk menghasilkan material-material baru yang dapat digunakan untuk keperlua khusus. Contoh penelitian di bidang ini adalah pemanfaatan cangkang telur untuk glasir, peningkatan mutu keramik menggunakan abu tulang, pembuatan semen murah dari abu sekam, pembuatan genteng ringan dengan memanfaatkan abu terbang batu bara, dan sebagainya.

Operasi Tekkim Penelitiannya berkaitan dengan penelitian fundamental dan aplikatif tentang perpindahan massa, perpindahan panas, aliran fluida, dan pemisahan bahan. Topik bahasanya yang diteliti, misalnya dekolorisasi minyak goreng atau degredasi dan perpindahan massa pestisida di alam.

Proses Kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk yang berharga dari hasil pengolahan sumber daya alam. Topik yang dapat diangkat, misalnya pemungutan perak dari cairan cuci cetak film dengan proses elektrolisis dan alkoholisis minyak nabati.

Gelar apa yang akan disandang sebagai lulusan Teknik Kimia?
Gelar yang akan diperoleh adalah Sarjana Teknik atau lebih dikenal dengan S.T.

Karier dan Dunia Nyata
Ilmu tekkim luas kajiannya, oleh sebab itu banyak bidang yang dapat kamu masuki sebagai sarjana tekkim. Diantaranya :

Industri
Bidang ini merupakan bagian yang paling banyak dimasuki lulusan tekkim. Industri dalam gal ini bisa berupa Industri SDE, pupuk, petrokimia, semen, bahan makanan, kosmetika dan farmasi, tekstil, polimer, dan sebagainya. Misalnya, dalam proses design kamu bertugas merangcang sebuah proses yang ekonomis dengan Chemical Engineering Tools, sedangkan dalam proses operasi, maka kamu harus mampu mengoperasikan secara efisien dalam kondisi2 operasi tertentu.

Akademis
Sebagai dosen kamu harus punya kemauan untuk terus belajar. Karena ilmu tekkim akan terus berkambang, menuntut pula pengajarnya untuk tidak jalan ditempat, namun terus mengikuti perkembangan ilmunya. Selain itu, sebagai dosen kamu juga bisa merangkap jadi konsultas. Nah, berarti teori dan praktek kamu dapatkan.

Pemerintahan
Karir dibidang ini biasany diawali dari bidang pendidikan dan industri karena prestasi kerja yang bagus atau bergabung dengan departemen tertentu sejak awal. Departemen yang membutuhkan lulusan tekkim diantaranya departemen pertamabangan dan energi, industri, atau lingkungan hidup.

Konsultan
Tugas kamu sebagai konsultan tekkim adalah memberikan masukan kepada calon investor pabrik tentang kelayakan pendirian sautu pabrik, kelayakan perbaikan proses di pabrik, dan sebagainya. Untuk itu, kamu bisa bergabung di biro konsultasi atau mendirikan biro konsultasi sendiri.

Bidang Lainnya
Selain bidang pekerjaan diatas, kamu juga bisa jadi peneliti dan bekerjan di Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) atau berwirausaha mendirikan industri kecil skala rumah tangga, misalnya, industri keramik, sabun, dan sebagainya.

Kemampuan Penunjang

Matematika
Matematika penting karena di tekkim kamu akan sering menggunakan rumus2 dan persamaan. Untuk itu kamu harus sering berlatih, maka lambat laun kamu akan terlatih dalam penggunaan rumus yang tepat untuk penyelesaian suatu masalah.

Fisika
Mungkin kamu bingung, tetapi tekkim banyak mempelajari fisika. Dengan pemahaman fisika memudahkan kamu untuk mengerti proses fisis suatu peristiwa, sehingga dapat menentukan rancangan yang tepat untuk suatu alat.

Kimia
Seperti yang telah disebutkan diatas, di tekkim kamu banyak mempelajari fisika, bahkan lebih banyak dari mempelajari kimia, Pemahaman akan kimia berguna bagi kamu dalam hal larutan zat dan proses reaksi kimia.

Bahasa Inggris
Seperti bidang ilmu lainnya, banyak literatur tekkim berbahasa inggris. Karena itu, kemampuan berbahasa Inggris sangat membantu kamu untuk memahami suatu buku atau artikel sehingga ilmu kamu dapat berkembanga.

Kemampuan Berkomunikasi dan Berorganisasi
Kedua hal tersebut dibutuhkan karena biasanya kamu tidak bekerja sendiri, tetapi dituntut untuk dapat bekerja sama dengan berbagai orang dari berbagai displin ilmu. Selain itu, kemampuan ini juga kan sangat berguna ketika kamu menggali informasi untuk merancang sebuah pabrik atau proses yang efisien dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar